Pengikut

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Minggu, 22 Januari 2012

masuknya islam di eropa

Eropa dan dunia Islam memiliki hubungan erat satu sama lain selama berabad-abad. Pertama, negara Andalusia (756-1492) di Semenanjung Iberia, dan kemudian Perang Salib (1095-1291) dan penguasaan Utsmani terhadap Balkan (1389), membawa keterkaitan konstan antara masing-masing masyarakatnya.
Saat ini, banyak sejarawan dan sosiolog menyatakan bahwa Islam adalah penyebab utama gerakan Eropa dari kegelapan Abad Pertengahan menuju kecemerlangan Renaissance. Pada waktu ketika Eropa masih terbelakang di bidang kedokteran, astronomi, matematika, dan banyak bidang lain, umat Islam memiliki harta karun pengetahuan yang luas dan potensi besar untuk berkembang.
Peristiwa pertama yang membuat orang Eropa sadar akan keberadaan penting Islam dalam kehidupan mereka adalah khalifah Umar bin al-Khattab merebut Yerusalem (638). Hal ini menyebabkan Eropa menyadari untuk pertama kalinya bahwa Islam telah menyebar dan bahkan mendekati batas wilayah mereka. Alasan utama Perang Salib, yang terjadi empat abad kemudian, adalah untuk mengambil kembali Yerusalem dari kaum muslim. Tetapi Tentara Salib yang ditugaskan untuk tujuan ini memperoleh sesuatu yang lain, karena kontak mereka dengan dunia Muslim adalah langkah pertama menuju kelahiran kembali Eropa. Didominasi oleh kegelapan, konflik, perang, dan despotisme, Eropa menghadapi peradaban dunia Islam yang maju dan melihat bahwa penduduknya sangat makmur dan beradab, serta cukup maju dalam bidang kedokteran, astronomi, dan matematika seperti dalam kehidupan sosial mereka. Mereka juga melihat nilai-nilai yang jarang ditemukan di Eropa pada waktu itu (misalnya, pluralisme, toleransi, pengertian, belas kasih, dan pengorbanan diri) adalah aspek-aspek moralitas yang tinggi yang diekspresikan oleh umat Islam, yang menyadari tanggung jawab keagamaan mereka.
Sementara itu, ketika Perang Salib masih berkecamuk, masyarakat Eropa juga menjalin hubungan dengan masyarakat Muslim yang lebih dekat dengan wilayah mereka: kerajaan Islam Andalusia, yang terletak di bagian selatan benua mereka sendiri. Andalusia memiliki pengaruh budaya yang kuat pada Eropa hingga keruntuhannya pada akhir abad ke-15. Banyak sejarawan yang telah mempelajari pengaruh Andalusia atas Eropa sepakat bahwa kerajaan ini, dengan struktur sosial dan tingkat peradaban tinggi, jauh lebih maju daripada seluruh Eropa, dan bahwa itu adalah salah satu faktor utama dalam pengembangan peradaban Eropa. Sejarawan terkemuka Spanyol, Blanco Ibanez menulis bahwa:
Kekalahan di Spanyol tidak datang dari utara; penakluk Islam datang dari selatan. Ini jauh lebih dari sebuah kemenangan, itu merupakan suatu lompatan peradaban. Karena kenyataan ini, peradaban terkaya, paling cemerlang, dan dikenal di Eropa lahir dan berkembang sepanjang Abad Pertengahan antara abad ke-8 dan abad ke-15. Selama periode ini bangsa utara yang hancur oleh perang agama, dan sementara mereka bergerak di tumpukan haus darah, penduduk Andalusia melebihi jumlah 30 juta. Dalam nomor ini, yang tinggi untuk waktu itu, setiap ras dan agama bergerak bebas dan dengan kesetaraan, dan denyut nadi masyarakat sangat hidup.
Dengan jalan-jalan terang-benderang, ibukota Cordoba memberikan contoh mencolok dan kontras dengan kota-kota Eropa yang menurut sejarawan Inggris, John W. Draper, "Tujuh ratus tahun setelah ini, tidak lebih dari satu lampu publik di London. Di Paris, berabad-abad kemudian, siapa pun yang melangkah pada hari-hari hujan, kakinya berlumur lumpur hingga pergelangan.
Andalusia akhirnya runtuh ada pada tahun 1492 dengan jatuhnya Granada, kerajaan Islam terakhir di Semenanjung Iberia. Tapi kemudian, Eropa berhadapan dengan Kekaisaran Utsmani, yang mulai maju di Balkan pada abad kelima belas sebagai akibat dari beberapa kemenangan dan konversi massal di kalangan orang-orang Balkan. Konversi ini tidak pernah dipaksa atau diperoleh dengan tekanan. Pada waktu itu, moralitas Islam yang diberlakukan oleh Utsmani membuat orang-orang yang menyaksikannya memilih Islam secara bebas. Peradaban Utsmani dibangun di atas nilai-nilai moral Al-Qur'an seperti keadilan, kesetaraan, toleransi, dan kasih sayang, dan itu berlaku di Balkan selama 400 tahun. Bekas-bekasnya masih dapat dilihat di sana (sejumlah besar peninggalan ini dihancurkan oleh pasukan Serbia dan rudal-rudal selama perang di Bosnia, tetapi ini tidak mengubah fakta-fakta sejarah). Peradaban Islam berbasis Al-Qur'an ini merupakan bagian penting dari Eropa. Bahkan saat ini, cukup banyak umat Islam Eropa tinggal di Balkan.
Salah seoarang orang yang percaya bahwa peradaban Eropa telah belajar banyak dari Islam dan bahwa kedua peradaban selalu terkait erat adalah Charles, Pangeran Wales. Pangeran Charles menggambarkan peradaban Islam dan pengalaman apa yang diajarkan Andalusia dan Ottoman di Balkan kepada Eropa adalah: diplomasi, perdagangan bebas, terbukanya perbatasan, teknik riset akademik, semuanya datang dari Andalusia. Abad Pertengahan Islam adalah agama dengan toleransi yang luar biasa untuk saat itu, sehingga orang-orang Yahudi dan Kristen boleh mempraktikkan warisan keyakinan mereka, dan menetapkan contoh yang, sayangnya, tidak dicontoh selama berabad-abad di Barat. Yang mengejutkan adalah kenyataan bahwa Islam telah menjadi bagian dari Eropa begitu lama, pertama di Spanyol, kemudian di Balkan, dan telah memberikan sumbangan yang begitu banyak ke arah peradaban yang semuanya, secara salah, dianggap sebagai sepenuhnya Barat. Islam adalah bagian dari masa lalu dan masa sekarang peradaban Barat, di semua bidang usaha manusia. Islam telah membantu untuk menciptakan Eropa modern. Islam adalah bagian dari warisan Barat sendiri, bukan hal yang terpisah.
Duta Besar Swedia, Ingmar Karlsson, dikenal di Turki karena bukunya, Islam dan Eropa, mengatakan bahwa di masa Andalusia, Kristen, Muslim, dan Yahudi hidup bersama dalam damai dan ini harus diambil sebagai model di Eropa.
Wakil tinggi Masyarakat Internasional di Bosnia-Herzegovina, Wolfgang Petritsch, menekankan dalam sebuah artikel tanggal 20 November 2001 edisi New York Times bahwa perjuangan melawan teror tidak boleh diarahkan terhadap Islam dan bahwa tidak boleh dilupakan bahwa Islam sebenarnya merupakan bagian dari Eropa. Dalam artikelnya, "Islam adalah Bagian dari Barat, Juga," ia menyatakan: "Ketika kami melangkah keluar dari paradigma kita-dan-mereka, kita mungkin ingat bahwa Islam adalah bagian dari tradisi Eropa." Menjaga fakta historis ini dalam pikiran adalah salah satu cara untuk mencegah kekacauan yang diinginkan oleh para provokator yang mengedepankan tesis "benturan peradaban". Perbedaan dalam peradaban bukan alasan untuk konflik, melainkan, dapat menjadi sarana penting untuk memajukan dialog.[]
Sumber: http://www.riseofislam.com/europe_and_islam_02.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar